Workshop Hilirisasi Hasil Penelitian

Workshop Hilirisasi Hasil Penelitian

Perguruan Tinggi memiliki peranan penting dalam memajukan dan meningkatkan kualitas hidup sebuah bangsa. Peranan tersebut dapat dirasakann melalui penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengembangan ilmu pengetahuan dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat melalui hasil riset yang diaplikasikan kebermanfaatannya.

Hilirisasi penelitian merupakan salah satu program untuk sebuah penelitian, dimana hasil penelitian dapat menjadi sebuah produk yang dapat dirasakan oleh semua kalangan. Maka dari itu, kami Universitas Djuanda akan mengadakan Workshop Hilirisasi Hasil Penelitian yang  dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 30 Agustus 2016 dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.30 WIB.

Sasaran kegiatan ini yaitu dosen UNIDA, penerima hibah dan mahasiswa. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk mempersiapkan langkah dan tahapan untuk mengkomersialisasikan hasil penelitian yang ada di lingkungan  UNIDA.  Hasil penelitian dari Universitas Djuanda yang bersifat Inovatif akan dilihat untuk menentukan tingkatan TRL (Technology Readiness Level) yaitu tingkat kesiapan masuk ke dunia industri.

Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah workshop satu hari dengan model kegiatan pemaparan dari tiga pemateri yaitu; pemateri dari:

  1. Dr. H. Martin Roestamy, SH.,MH (Rektor UNIDA) tentang Entrepreneurship
  2. Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si (Ditjen Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti) tentang Hilirisasi Penelitian, perolehan dan pengelolaan HAKI, serta sistem inovasi industri.
  3. Dr. Ir. Heri Ahmad Sukria, M.Sc., Agr (Ka. Sub Direktorat Pengendalian Bisnis IPB), tentang pengalaman hilirisasi penelitian.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan dari ketiga pemateri, selanjutnya presentasi dari masing-masing fakultas mengenai hasil penelitian yang akan dimasukkan ke dalam daftar hilirisasi penelitian. Selanjutnya diskusi dengan pemateri dan penyampaian rekomendasi, bahwa hasil penelitian di Universitas Djuanda Bogor berada pada level TRL mana? Apakah masih berada pada tahapan awal sehingga harus dilakukan penelitian lebih lanjut agar hasil penelitian menjadi sebuah produk inovasi? Atau sudah berada pada level TRL yang cukup tinggi sehingga hasil penelitiannya dapat diindustrikan.

Dipost Oleh Super Administrator

Biography Admin BKPU Universitas Djuanda

Post Terkait

Tinggalkan Komentar